Pantaskah Kita Marah dengan Terbaliknya Bendera ?

Asean Games 2017 baru aja kelar, tentu kita sebagai orang Indonesia ada beberapa hal buruk yang nyangkut dibenak kita tentang Acara ini, Mulai dari kecurangan wasit, Supir bus yang nyolong, Makanan atlet yang habis, sampai yang paling bikin emosi orang indonesia yaitu Bendera Terbalik.

Aku setuju dengan statement yang dibilang pak Mahfud MD, beliau bilang :

bendera terbalik
comot dari google

"Terus terang kita merasa marah dan sangat tersinggung dengan yang terjadi di Malaysia itu. Masa Malaysia bisa begitu cerobohnya membuat gambar bendera Indonesia terbalik." 
dan "Kalau pun dianggap ketidaksengajaan itu merupakan tindakan yang sama sekali tidak profesional di dalam melaksanakan tugas." 
lalu "Saya kira pantas banyak rakyat yang marah, saya sebagai warga negara juga protes keras karena itu bukan hal yang bisa dibuat lucu-lucuan karena itu simbol negara."

Gimana setuju ga? tentu kalian setuju dengan pernyataan beliau, dan dengan pernyataan ini kalian pasti semangat buat "Ganyang Malaysia".

Aku masih ingat gimana guru sejarah jelasin tentang "Ganyang Malaysia" ini, gimana jiwa nasionalisme pak Soekarno membakar semangat rakyat Indonesia, dengan situasi saat itu sangat memungkinkan untuk kita semangat membalas perlakuan buruk Malaysia kepada Indonesia.

Namun berbeda dengan sekarang, coba aku tanya.

Kenapa kalian marah - marah dengan bendera terbalik sementara kalian ngeluh dengan upacara bendera, kalian ngobrol selama upacara bendera, kalian main hp saat upacara bendera, kalian pura pura sakit saat upacara bendera, kalian ogah-ogahan belajar bahasa, tarian, alat musik dan budaya daerah indonesia, kalian jarang pakai batik, dan dengan atas nama trend dan gengsi kalian malu pakai produk lokal, Kenapa Marah?

Saat salah satu budaya kita diklaim oleh negara lain kita berkoar-koar layaknya orang kebakaran jenggot, dengan ucapan "ITU BUDAYA KAMI!!!".

Coba pikir, kalau memang itu budaya kita, perlakukan hal itu selayaknya seperti kalian memeliki sesuatu, kalian pelajari, kalian tanamkan dalam jiwa ini punya kami, bukan eta terangkanlah yang kalian viralkan.

Satu hal terakhir, 

Kalian pantas marah untuk hal ini selama kalian ga melakukan apa yg aku sampaikan, kalian ga berhak marah kalau kalian malah melakukan yang aku sampaikan.

Kalau kalian memang cinta akan bangsa ini, tanamkan sifat nasionalisme ke diri kalian, dan turunkan ke generasi yang lebih muda, karena pemuda adalah penggerak kemajuan suatu bangsa.

Terima Kasih sudah membaca.



Comments

Postingan yang Lain

Hampa

Profesionalitas dengan Domain TLD

Oy Botak, Minggir!